Tags

, , , , , ,


Oleh Wijanarko Kertowijoyo.

Kita selama belajar di Sekolah Dasar mungkin sudah sering mendengar Semboyan

Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani

Semboyan ini telah lama digaungkan oleh Ki Hajar Dewantara pada tahun 3 Juli 1922 pada waktu mendirikan Sekolah Taman Siswa yang diberi nama National Onderwijs Institut Taman Siswa.

Prinsip Dasarnya adalah:

  • Ing ngarsa sung tulada : ("(yang) di depan memberi teladan/contoh")
  • Ing madya mangun karsa : ("(yang)" di tengah membangun prakarsa/semangat")
  • Tut wuri handayani  : ("dari belakang mendukung").

ING NGARSA SUNG TULADA

Sebagai pemimpin / leader, sudah sepatutnya kita memberi contoh / tauladan ke bawahan. Jangan kita membuat aturan, tetapi dilanggar sendiri, berarti kita memberi contoh untuk melanggar peraturan.

Bawahan selalu meniru apa yang pemimpin lakukan. Oleh karena itu, untuk merubah suatu budaya yang jelek, harus dimulai dari pemimpinnya dulu untuk komit berubah sesuai budaya yang telah disepakati.

Contoh: Budaya 5R, pemimpin harus memberi contoh dengan berkelakukan 5R, walaupun saya rasa tidak bisa 100%, tetapi cukup berusaha untuk menjadikan budaya itu suatu Roh didalam jiwa kita agar kita tidak merasa keberatan untuk melakukannya.

Pemimpin harus memberikan contoh yang baik, Contoh: Jangan membawa permasalahan keluarga di dalam kerja. Jangan melemparkan kesalahan ke bawahan, tetapi ditelaah dan dirubah apa yang salah menjadi bagus dan menjadi strength. Jangan suka berkata2 kotor dan kasar. Harus bisa membedakan waktu untuk bergurau dan waktu bekerja.

 

ING MADYA MANGUN KARSA

Sebagai pemimpin, kita harus membangun semangat, memotivasi serta memberdayakan / EMPOWERING bawahan kita. Kita harus belajar menyebutkan Hasil Bagus adalah hasil dari Team. Berilah motivasi dan semangat agar mereka selalu bekerja dengan senang hati. Berdayakan bawahan kita agar bisa menjadi pengganti kita nanti. Regenerasi dengan pengkaderan sangat penting untuk kelanjutan kepemimpinan. Tularkan ilmu ke bawahan agar mereka bisa mengerjakan pekerjaan kita. Dengan begitu, delegasi akan berjalan. Berikan ruang kepada bawahan untuk berkembang dan berkreasi agar mereka berpikiran maju dan tidak menjadi the Doer / pelaksana aja. Mereka akan bisa lebih berimprovisasi, memperbaiki secara terus menerus / berkaizen.

 

TUT WURI HANDAYANI

Sebagai pemimpin, kita harus memberikan dukungan penuh kepada bawahan dan memberikan otoritas. Berilah mereka kesempatan untuk menjalankan plan mereka walaupun kita mempunyai plan tersendiri. Ini dimaksudkan agar dengan memberikan support agar mereka terbiasa untuk membuat plan dan membuat bagaimana caranya agar perusahaan lebih efisien dan lebih efektif yang ujung akhirnya adalah untuk menaikkan profit perusahaan.

 

Dasar semua Leader2 yang ada sekarang berpedoman dan berprinsip dasar dari semboyan ini Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani,  saya rasa sudah mencakup semua apa yang diperlukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin sebuah team.