Tags

, , , ,


Saya hanya mau sharing pengalaman sedikit.

Ini pengalaman dengan mail server yang memakai Mdaemon.
Untuk bisa memakai push mail dari blackberry, kita harus melakukan setup email setelah itu baru mdaemon akan memberikan email notification seperti di bawah ini:

Congratulations, this mailbox has been successfully setup for BlackBerry(R) push mail.
From this point forward, depending upon administrator configuration, MDaemon will push emails to your BlackBerry.

Tetapi selang 6 bulan saya memakai blackberry, tiba-tiba blackberry saya melakukan register ke mdaemon berulang kali, tepatnya sehari 2 kali. Sehingga mdaemon pun mengirimkan email notification 2 kali juga. Akibat dari ini, setiap email notification keluar, harus menunggu sampai malam, baru email itu berdatangan semua. Seperti useless deh kalau punya blackberry tidak bisa membaca email.

Akhirnya melalui berbagai cara, saya menyerah, akhirnya saya forwardin aja ke email gmail saya. Nah, dari situ saya bisa menerima email normal. Tetapi akhirnya saya mendapatkan cara agar saya bisa menerima email melalui account perusahaan tanpa melalui gmail dan dengan delay kurang lebih 1-10 menit an.

Beberapa cara yang saya lakukan tetapi gagal:
1. Ganti provider
2. Downgrade OS
3. Upgrade OS
4. Melakukan delete di server mdaemon registrasi BB
5. Ganti user name / email account

Solusi terakhir adalah:
WIPE OUT

Waktu itu, saya ingin upgrade OS blackberry gemini dengan Hybrid OS. Setelah saya wipe out dengan BBSAK 1.9.1 dan saya install hybrid OS, akhirnya normal kembali blackberry ane. Tidak melakukan registrasi terus menerus, dan saya menerima email juga normal kembali.

NOTE : Backup dulu semua data contact, notes, software2 yang ada di device memory. Karena wipe out akan menghapus bersih semua file2 di device memory. Bisa melakukan backup locally (simpan di media card dan pindahkan ke desktop), backup remotely, dan harus backup melalui DESKTOP MANAGER untuk membackup semua data dan software2 yang terinstall didalamnya.

Kemungkinan besar, tidak perlu Hybrid OS, cukup OS official, saya rasa bisa berjalan.

Do it at your own risk.