Tags

, , , ,


Ada sebuah Cerita di China ada seorang yang sangat mahir dengan kapaknya. Dia suatu saat memerlukan pekerjaan. Maka pergilah dia ke Bos kayu, disana dia diterima dengan pekerjaan menebang pohon di hutan. Dia sanggup karena dia mempunyai kapak yang hebat dan kemampuan yang di atas rata2. Maka diterimalah pekerjaan itu, dan dia keesokan harinya berangkat ke hutan dengan penuh percaya diri dan riang. Dari pagi sampai sore dia bisa menebang 8 pohon. Maka dia kembali ke bosnya untuk melaporkan. Si bos sangatlah senang sekali karena tidak ada yang bisa menebang 8 pohon sehari selain dia. Maka si bos memuji dia. Si bos juga bilang untuk mempertahankan prestasi tersebut. Si penebang kayu ini berkata saya akan bekerja dengan lebih baik lagi dan lebih keras lagi.


Keesokan harinya dengan penuh percaya diri dia berangkat ke hutan dan dengan sangat riangnya. Tetapi dari pagi sampai sore, dia hanya bisa menebang 7 pohon. Dia pikir itu lumrah, tetapi berjanji akan lebih baik besoknya. Tetapi keesokan harinya, dia malah menebang hanya 6 pohon, dan hari demi hari semakin sedikit pohon yang bisa ditebangnya, padahal dia sudah berusaha dengan sangat keras. Dia sangat malu akan hal ini, tetapi mau tidak mau dia melaporkan bahwa dia hanya bisa menebang sedikit pohon.
Si bos akhirnya bertanya, sudahkah kamu mengasah Kapak kamu? Jawabnya, belum, saya tidak sempat mengasah, karena saya sibuk bekerja tiap hari.
Si bos berkata, asahlah terlebih dahulu kapakmu. Luangkan waktumu untuk mengasah kapakmu. Karena kalau kapakmu dipakai tiap hari walaupun kapaknya baru, tetapi tidak diasah, maka akan tumpul, dan efeknya membuat kamu semakin tidak efisien dalam bekerja dan ketinggalan.
Maka berangkat lah dia mengasah kapaknya dan hasilnya seperti permulaan, 8 pohon, dan malah bisa lebih.

Inti dari cerita:
Luangkan waktumu yang sibuk untuk bekerja, untuk mengasah otak kamu, isilah dengan pengetahuan-pengetahuan yang baru, jangan pernah berhenti mengasah otak. Jangan pernah berhenti belajar, karena kalau tidak diasah, maka otak kita akan tumpul juga.

NEVER STOP LEARNING, CHANGE, DON’T STOP LEARNING.
Seperti di Teori Z, dimana diadakan rotasi adalah untuk belajar terus menerus ke hal yang baru, dimana akan diasah terus otaknya, dan akan menjadi ahli didalam segala bidang dan akan menjadi pemimpin yang handal dan senior dalam perusahaan itu.