Tags

,


“Years ago Toyota used to say that Hyundai was the company it feared most…….. ….Today those fears has grown into a nightmare… ….”(dikutip dari Fortune magazine Jan 2010 edition “Hyundai smoke the competition)Toyota thrives on consistency. ..Honda on innovation.. …..Hyunday is all about aggressiveness and speed……. ……..Today Hyundai Motor is the fastest growing major automaker in the world……. ..(ketika krisis moneter 1997-1998 Hynudai belum masuk “top ten” & sekarang Hyundai-KIA sudah No.4 secara global setelah Volkwagen (VW,Audi,Skoda, SEAT),Toyota( Toyota,Lexus, Daihatsu) & GM )Sebagai industri otomotif yang masih baru (43 tahun)-Hyundai benar-benar menjadi “nightmare” terutama buat raksasa otomotif yang paling sukses di dunia ,ToyotaDi U.S. tahun lalu Hyundai-Kia naik penjualannya ketika hampir semua industri otomotif anjlok penjualannya karena resesi global
Hyundai Sonata makin lama makin mengancam Camry sebagai best seller di Amrik…..Toyota mungkin sudah banyak belajar dari pengalaman.. .di tahun 70 ansecara dramatis Hyundai Heavy Industries,Samsung HI & Daewoo HI menggeser MitsubishiHI & Kawasaki HI dalam industri shipbulding. ……sekarang “trio” dari negeri ginseng itu menguasai 40-50% industri perkapalan duniadi awal abad 21 giliran Samsung Electronics & kemudian LG menggeser “the No.1 – No like other ” Sony dalam industri elektronik.. ……… .Berbeda dengan Honda atau Nissan ,Hyundai sangat berambisi untuk di suatu saat menjadi lebih besar dari Toyota…… …Hyundai sekarang sedang menyiapkan “premium brand” nya untuk menyaingi Lexus , Hybrid nya untuk menyai Prius & the Next CRDi untuk bersaing dengan D 4DMesin CRDi terbaru 2 lt type R yang Euro-5 compllience & dari daya yg di hasilkan max 184 HP melebihi yang di hasilkan BMW 177 HP & Mercedes Benz 170 HP pada volume mesin yg sama
Dengan pengecualian South East Asia ,especially Indonesia(yang 95% masih Japan minded) produk Hyundai-Kia makin dikenal sebagi mobil yang handal dgn harga yg lebih kompetitif.. …….Akankah suatu saat Hyundai bisa “bigger” than Toyota?? Apakah bukan “mimpi” ?? Buat banyak pihak mungkin hal yang “impossible” …Tapi 15 tahun lalu tdk banyak yang berani “bermimpi” kalau Samsung bisa “bigger” than Sony…….. ..Akankah di 2020 si hurup H miring jadi “mobil sejuta umat” Indonesia??
Who knows……. .